28 September 2024 – Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Nusantara mengadakan workshop “Penyusunan Silabus dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS)” di aula kampus setempat. Acara ini dihadiri oleh dosen-dosen dari prodi PIAUD dan Ekonomi Syariah, dan dipimpin oleh Bapak Muslem, S.Pd.I, MA, seorang dosen senior dari Prodi Pendidikan Agama Islam.
Workshop ini bertujuan untuk mengembangkan Silabus dan RPS yang lebih efektif dan relevan dengan perkembangan kurikulum pendidikan terkini. Dalam pemaparannya, Bapak Muslem menekankan pentingnya menyusun silabus yang terintegrasi dengan kebutuhan mahasiswa dan stakeholder, serta sejalan dengan perubahan dalam dunia pendidikan Era 4.0. Ia menjelaskan bahwa silabus yang baik harus mengedepankan kompetensi yang ingin dicapai, serta cara-cara yang tepat untuk mencapainya.
Selama workshop, peserta diajak untuk mengeksplorasi cara menyusun RPS secara jelas dan terstruktur. Bapak Muslem menjelaskan bahwa dalam pengembangan RPS Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK), indikatornya materi ajar, bentuk dan metode pembelajaran, dan penilaian harus berbasis Outcome Based Education (OBE). Ia menekankan Salah satu elemen kunci dalam RPS adalah Sub CPMK, yang harus dirancang sedemikian rupa untuk mendorong keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills - HoT) pada mahasiswa. Ia menambahkan pentingnya desain capaian pembelajaran yang berorientasi pada HoT dapat dilihat pada ranah kognitif C3, C4, dan C5. Pada ranah ini, mahasiswa tidak hanya dituntut untuk mengingat dan memahami informasi, tetapi juga harus mampu menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan yang mereka pelajari. Melalui pendekatan ini, mahasiswa diharapkan dapat berpikir kritis dan kreatif, yang merupakan keterampilan esensial di era modern saat ini.
Sesi diskusi dan tanya jawab menjadi momen penting, di mana peserta dapat mengajukan pertanyaan dan berbagi pandangan mengenai tantangan yang mereka hadapi dalam proses pembelajaran. Banyak dosen memberikan masukan konstruktif, yang diharapkan dapat memperkaya silabus dan RPS yang sedang disusun.
Acara ini ditutup dengan harapan bahwa hasil workshop dapat diimplementasikan dalam proses pembelajaran di prodi PIAUD. Dengan penyusunan silabus dan RPS yang lebih baik, diharapkan mahasiswa dapat memperoleh pengalaman belajar yang optimal dan relevan dengan perkembangan pendidikan anak usia dini.